Keuntungan dan Kelemahan Di Era Industri 4.0



             Dalam pendidikan kewirausahaan, metode yang direkomendasikan adalah metode belajar berbasis pengalaman atau tindakan seperti simulasi, kunjungan/ekslporasi perusahaan, menulis rencana bisnis (Weber & Funke, 2012).Di samping itu juga dapat melakukan sesuatu yang praktis dan kesempatan untuk mempertanyakan, menyelidiki, berbicara, dan berdiskusi dengan para wirausahawan, memberikan pengetahuan dan keterampilan serta menstimulasi sikap (Arasti, Mansoreh, & Imanipour, 2012). Untuk melatih dan atau mengembangkan kreativitas, dapat dilakukan melalui 4P yaitu: 1) Pembentukan pribadi kreatif, 2) Motivasi Pendorong kreativitas, 3) Proses kreativitas, dan 4) Produk kreatif (Kodrat & Christina, 2015).

            Berkenaan dengan kehidupan di era industri 4.0, Herlambang, (2018) mengungkapkan bahwa manusia Indonesia harus memiliki kompetensi utuh sebagai bekal kehidupan dewasa ini yaitu sikap keterbukaan dan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dapat berkomunikasi dan berkolaborasi. Agar manusia memiliki bekal kompetensi tersebut diperlukan adanya pendidikan. Terkait dengan pendidikan, Moravec menyatakan bahwa industri 4.0 menuntut pendidikan melompat dari kerangka pendidikan 2.0 atau 3.0 saat ini ke pendidikan 4.0, yaitu pendidikan yang membangun praktik inovasi individu maupun tim atau memberdayakan siswa untuk menghasilkan inovasi, sebagai tindak lanjut produksi pengetahuan pada pendidikan 3.0 (Harkins, 2008; Diwan, 2017).

                        Keuntungan

1.      Inovasi tanpa akhir. Banyak perusahaan di era revolusi industri 4.0 yang seakan belum puas terhadap apa yang telah mereka capai. Mereka senantiasa melakukan berbagai inovasi baru. Perusahaan pada era ini secara terus menerus melakukan kerja sama dengan perusahaan–perusahaan rintisan (startup company). Tak hanya itu, mereka juga memfasilitasi para startup company ini melalui incubator dan akselerasi sehingga memiliki model bisnis yang dapat menarik minat investor.

2.      Solusi terhadap permasalahan saat ini. Contoh nyata dari kasus ini adalah lahirnya ojol seperti Gojek atau Grab, mereka menawarkan solusi atas kemacetan kota namun dengan ongkos murah serta cara penggunaan yang sangat mudah. Tak cuma itu, Gojek atau Grab juga telah membuka lapangan kerja baru sehingga meringankan beban pemerintah.

3.      Kemudahan-kemudahan yang senantiasa tersaji. Perusahaan melihat para konsumen tidak sebatas sebagai pengguna produk atau jasa saja, tetapi melihat konsumen dari multi dimensinya, sehingga konsumen akan memilih produk yang memuaskan keinginannya untuk berpartisipasi, berkreasi, komunitas, dan idealismenya. Perusahaan pada era ini cenderung mencari solusi terhadap permasalahan kemudian mencari keuntungan secara tidak langsung merupakan ciri dari pemasaran pada era ini.

4.      Inovasi mejadi kunci utama merebut pasar pada era revolusi industri 4.0Hal-hal yang dilakukan oleh perusahaan inovatif tersebut adalah mengkombinasikan teknologi seperti 3D Printing, Big Data, ataupun Internet of Things. Kemudian perusahaan melakukan pengembangan teknologi yang cepat, dan menawarkan solusi terhadap permasalahan global.

5.      Kemudahan-kemudahan yang senantiasa tersaji. Seperti Internet of Things dimana alat terintergrasi ke internet dan saling terhubung. Contoh, pada tata kota dimana sekitar 20 tahun yang lalu polisi harus turun ke lapangan untuk mengamati situasi maupun menata lalu lintas, namun sekarang mereka hanya perlu duduk dan memantau lewat cctv yang terintergrasi dengan internet. Dibidang otomotif, terdapat smart car yang dapat mengemudi sendiri dengan memanfaatkan beberapa sensor.

        Kelemahan

1.    .  Mempertahankan integritas proses produksi dengan minimnya pantauan dari manusia menjadi penghalang. Jadi yang dimaksud yaitu sulitnya mempertahankan integritas / kekonsistenan dalam proses produksi tanpa adanya pantauan atau campur tangan dari manusia. Hilangnya berbagai bidang pekerjaan. Maksudnya yaitu hilangnya berbagai bidang pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh manusia, yang sekarang telah diganti dengan mesin yang bekerja secara otomatis.

Komentar